DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Peningkatan Kualitas PSKS Pekerja Sosial Masyarakat Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Untuk meningkatkan kualitas dan peran masyarakat dalam membantu proses penyelenggaraan kesejahteraan sosial, Dinas Sosial Provinsi (Dinsos) Kalimantan Utara (Kaltara), menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kaltara di Hotel Pangeran Khar Rabu, (31/3).

Kepala Dinsos Kaltara Heri Rudiyono yang mewakili Gubernur Zainal A Paliwang dalam sambutannya menyampaikan bahwa PSM adalah bagian dari relawan sosial yang inti ketugasannya adalah melayani. Untuk itu, wajiblah kiranya pemerintah dan masyarakat memperhatikan PSM dengan memberikan pembekalan untuk meningkatkan kualitas, kompetensi, dan kesejahteraan PSM itu sendiri.

“Harapan kita, tahun ini dengan adanya peran serta PSM dalam membantu pemerintah untuk pengumpulan data semua warga kurang mampu, warga miskin dan rentan miskin masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mendapatkan pelayanan,” kata Heri.

Setelah pembekalan, PSM akan memiliki rencana aksi kegiatan sebagai perwujudan komitmen peran serta PSM di wilayah Kaltara, khususnya di lingkungan sekitarnya atau melapor ke kepala desa atau lurah setempat sehingga data kemiskinan atau masalah sosial di tempatnya bisa terdeteksi. “Besar harapan, pemerintah kabupaten dan kota dapat membantu menganggarkan operasional PSM dalam APBD-nya. Begitupun dengan pemerintah desa diharapkan menganggarkan operasional bagi PSM,” jelasnya.

Dinyatakan pula oleh Heri, di desa juga ada anggaran untuk 

operasional Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Puskesos ini akan menjadi layanan satu pintu untuk pengaduan terkait permasalahan sosial di desa tersebut. “Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak dan semua pemangku kepentingan. Mari kita berkolaborasi dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya yang ada di Kaltara,” tutupnya.(adpim)

(Sumber : https://humaskaltara.id/)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *